Monday, March 4, 2013

Jangan Pelit-pelit Dong Oom! File Excel Untuk Database Raport Siswa SMK 2013 dengan Worksheet Terpassword Akhirnya Bisa Dibongkar


Apakah Anda pernah merasa kesal ketika menemukan file Excel dengan sebagian cell terkunci tidak bisa diedit? Apalagi cell tersebut dikunci menggunakan password?

Lupakan software pembobol password Excel. Install saja OpenOffice. Buka OpenOffice Calc, dan buka file Excel yang terkunci password tersebut.





Gambar paling atas: Worksheet file XLS yang masih terprotect (sel F10 tidak muncul nilainya di formula bar)
Gambar ke 2: Aksi OpenOffice Calc membuka proteksi
Gambar ke 3: Proteksi file XLS terbuka (sel F10 muncul nilainya di formula bar)

Di era open source dan cloud saat ini rupanya masih ada orang yang berpikir bahwa Excel Function Based App harus dilindungi kodenya, padahal dokumen Office merupakan dokumen yang semestinya bisa dishare baik kontennya maupun hak editing. 

Post ini dimaksudkan untuk memberikan perlawanan kepada pihak-pihak yang hendak meng closed source kan dokumen Office. Viva Open Source!


1 comment:

  1. Kalau ingin memproteksi informasi, sebaiknya gunakan PDF. Sebab PDF beroperasi dengan dua cara: pembuatan dan pembacaan. Software pembuatan PDF umumnya berbayar, sementara software pembacaan PDF umumnya gratis. Jadi pemanfaat PDF bisa maklum kalau untuk mendapatkan sepotong informasi dalam bentuk PDF harus membayar atau tidak dapat mengekstrak informasi dari file PDF tsb.

    File Office memiliki ranah yang berbeda. File Office dibuat dan dibaca menggunakan software yang sama, ada yang berbayar ada yang gratis. Jadi memproteksi informasi dalam suatu file Office merupakan bentuk kekikiran informasi. Ini adalah cara melindungi hak cipta yang salah. Apa gunanya file Office yang didistribusikan secara gratis dipassword untuk membacanya? Kecuali jika file Office tersebut didistribusikan secara berbayar, baru masuk akal. Jadi pertimbangkan kembali memproteksi file Office yang akan didistribusikan secara gratis.

    ReplyDelete