Thursday, November 29, 2012

Mengatasi Dokumen Microsoft Word yang tidak bisa dibuka

Tipe Dokumen Microsoft Word

Microsoft Word 2007 mendukung beberapa dokumen sbb:

  1. DOCX (format dokumen berbasis XML yang tidak bisa memuat macro, sehingga tidak bisa ditumpangi trojan)
  2. DOC (format dokumen lama Word 97/2000/2003 yang bisa memuat macro, sehingga bisa ditumpangi trojan)
  3. XML (format dokumen Word 2007 XML dan Word 2003 XML yang tidak memuat macro. dokumen XML hanya bisa memertahankan beberapa elemen naskah bila dibuat sebagai hasil konversi dari DOCX, DOC, atau ODT)

Dokumen Microsoft Word yang Corrupt

Penyebab dokumen Word corrupt yang saya ketahui ada dua:


  1. Korban antivirus. Karena file DOC bisa ditumpangi virus, maka antivirus bisa mengenyahkannya namun sering dengan merusak file tersebut.
  2. Memory glitches. Yakni peristiwa terhentinya proses Word saat akan menyimpan file. Ini bisa terjadi karena antivirus seperti avast yang selalu memeriksa program-program yang akan mengakses harddisk sehingga melambatkan proses. Office versi baru (mungkin) memiliki timeout, yakni batas menunggu giliran untuk dapat mengkases harddisk, yang bila terlampaui akan menyebabkan dia hang dan gagal menyimpan file. File yang gagal disimpan ini biasanya berformat WRL*.tmp di mana * menunjukkan angka random.


Cara Mengatasi
  1. Melalui OpenOffice Writer. Program ini bisa memuat file DOC tanpa mengakses macronya sehingga file yang corrupt karena terjadi internal structure inconsistency bisa dibuka tanpa masalah. Melalui program ini, file DOC yang corrupt pertama di Save As menjadi file ODT. Kemudian file ODT itu di Save As menjadi file DOC melalui program ini. Melalui cara ini, inconsistency yang bikin corrupt akan terhapus sebab struktur file DOC baru hasil Save As ini berbeda dengan file DOC lama. Untuk mengunduh master OpenOffice Writer, bisa klik di sini.
  2. Melalui LibreOffice Writer. Sama seperti OpenOffice, namun sudah saya uji untuk membuka file WRL*.tmp. Untuk mengunduh master LibreOffice, bisa klik di sini.
  3. Melalui Google Docs. Cukup dengan cara mengupload dan mengkonversi file DOC yang korup itu menjadi dokumen standar Google Docs. File tersebut akan bisa dibuka kembali. Unduh file tersebut sesuai selera (bisa DOCX, DOC, ODT, atau PDF).

Catatan:

Jika anda hendak menyalin file WRL*.tmp lalu gagal, cobalah menyalin dalam safe mode.

15 comments:

  1. masalah sy berbeda, ketika sy telah menyimpan berkas dalam format docx. dan sy menambahkan data baru yg berupa text campur gambar di docx, maka ketika sy tekan save, sy malah disuruh save docx lagi, padahal docx itu sudah di save as dari tadi????? tapi setelah sy tekan save as, lagi2 saya tetap disuruh save as tanpa henti, akhirnya file sy yg mengandung gambar tidak bisa di save dalam format docx atau yg lainnya, padahal sebelumnya sy bisa menyimpan docx yg mengandung banyak gambar sekalipun.................sepertinya teman2 disqus bisa bantu saya tooooooooooooooooooooooooolong!bagaiman tolong dibantu sy sangat pusing....................

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya, Word anda bermasalah. coba lakukan hal yang sama pd komputer lain, jika normal mk saatnya anda harus instal ulang Word. Ini semacam trojan yang belum terdeteksi. jikalau sudah ada info, insya Allah akan saya update di sini. terimakasih

      Delete
    2. Trik sementara: jika file DOCX anda tidak mau disimpan (pd office 2007) pada dialog Save As pilihlah tipe file Microsoft Office XML atau Microsoft Office 97-2000/XP DOC

      Delete
    3. untuk Word yang selalu meminta Save As tiap kali anda mengklik Save, sebaiknya ganti Word anda dengan OpenOffice atau LibreOffice. Karena sementara masalah ini belum ada solusi finalnya

      Delete
  2. Saat ini ada lagi kasus yang cukup menarik yakni file DOCX yang corrupt. Penyebabnya belum bisa diketahui pasti. Dan seperti yang saya duga, file DOCX yang corrupt recoverynya sulit minta ampun. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa saya informasikan langkah-langkah jitu mercovery file DOCX

    ReplyDelete
  3. kalau saya itu di openoffice.org write pas saya udah ngedit suatu dokumen setelah ngedit saya Ctrl + S setelah itu saya close setelah saya close saya buka lagi kok gak bisa di buka malah muncul filter selection.................
    gimana cara ngatasinnya............................
    tolong kasih saran

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan diobraik-abrik gan:

      http://wiki.openoffice.org/wiki/Documentation

      Delete
  4. maaf mau nanya..
    saya pke ms word 2010 trus klo krim email ke dosen jd berantakan
    kenapa yaa
    pdhal dosen saya jg pk ms word 2010

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada email client Anda diatur model pengantaran pesan HTML jangan yang plain text. Namun karena email dalam mode HTML bisa memuat virus, kebanyakan mail provider menyarankan plain text

      Delete
  5. mau numpang tanya nih, kl masalah saya, dokumen yg di buka sllu read only, udh saya buka di propertisnya tidak ada dicentang yg read only, tp knapa tiap mau di save ga bs jd hrs buat nama baru, baru dokumennya bisa disimpan, tolong solusinya, makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. document READONLY pada MS OFFICE itu penyebabnya dua:

      [1] Karena format filenya tidak disupport oleh versi yg digunakan. misalnya file DOC dari MS OFFICE 2003 atau XML dari MS OFFICE 2007 dibuka dengan MS OFFICE 2013
      [2] Karena file tersebut berasal dari hasil download.

      Delete
  6. the office open xml file (nama file).docx cannot be opened because there are problems with the contents.
    itu yang muncul pada dialog box ketika file dibuka.
    saya sudah coba perbaiki pakai beberapa aplikasi repair untuk file .docx tapi hasilnya malah blank.
    bisa tolong bantu saya?
    nanti sore harus segera saya cetak.
    mohon bantuannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry broo!! masalah anda ini mungkin bisa diselesaikan dengan membuka file tsb [ingat jangan diubah-ubah dulu] dengan Open Office Writer atau Libre Office Writer

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. salah linknya yg ini gan: https://lh4.googleusercontent.com/-bjI1tgvwNt4/VBaQ2qrPcjI/AAAAAAAAAcc/W2l4xBJ8lAo/w994-h559-no/kass.png

    ini virus apa trus cara ngilanginya gmana...
    file ini terhidden klo file wordnya dibuka dia muncul , nah klo d close filenya , dia jd ikt ilang...Tolong pencerahanya Gan, Trimakasih....

    ReplyDelete